Bus High Deck naik daun

Dunia perbisan di Indonesia lima tahun terakhir ini sangat pesat. Bukan hanya persaingan model bodi bis yang semakin elegan dan mewah, namun di Indonesia sedang tren bodi seperti pabrikan Eropa dan Amerika, yakni HIGHDECKER ..

Jangan bayangkan yang disebut bus highdecker ini seperti bus highdecker yang banyak diproduksi di Eropa maupun Amerika. Di Indonesia, platform highdecker hanya sebatas meninggikan lantai 15 cm dari bus konvensional.

Platform yang hany lebih tinggi 15 cm dari bus ukuran standar ini ternyata memiliki banyak peminat dari pemilik-pemilik PO di Indonesia.
Karena permintaan yang begitu banyak, karoseri Adiputro akhirnya memberanikan diri memproduksi bodi dengan jenis Highdecker yang banyak diminati konsumen.

Dari sisi estetika, bus-bus berplatform lantai tinggi ini terlihat menarik. Perubahan ada desain eksterior yang dikembangkan karoseri Adiputro dan Laksana membuat bus-bus produksi mereka bisa menyedot perhatian di jalan. Namun, tanpa perhitungan yang matang, bus bisa limbung saat dioperasikan.

Meski terlihat menarik, dibutuhkan perhitungan saat mendisain bus berlantai tinggi, agar manuver bus bisa berjalan mulus saat menikung dan berjalan kencang. Jika tidak diimbangi dengan perhitungan konstruksi yang sesuai bisa merepotkan pengemudi, kenyamanan penumpang pun bisa terganggu.



Thanks for Haltebus.com
Photo by Afat

Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: