Misteri Bunga Kuku

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat malam, kali ini saya akan membagi tulisan tentang mitos bunga kuku. Kalau anda anak-anak sebelum era 2000an pasti tidak asing lagi dengan mitos bunga kuku yang artinya ada orang yang sedang menyukai/membenci kita atau ada juga yang mengatakan ada saudara kita yang sedang berduka, betul? tapi itu hanya mitos belaka, dan benar tidaknya adalah salah.

Lalu Apa sih Penyebabnya?
Seperti dikutip dari Genius Beauty, penyebab timbulnya bintik putih pada kuku ini bisa terjadi karena pemakaian produk perawatan kuku yang salah. Selain itu, hal tersebut juga menandakan bahwa kuku kekurangan vitamin, beberapa elemen mineral dan juga asupan kalsium dari tubuh.
Pemakaian produk perawatan kuku seperti cat kuku berkualitas rendah ataupun pemakaian handcream yang sudah melampaui batas tanggal produk tersebut masih layak dipakai. 

Hal ini terjadi karena produk tersebut bisa memicu jamur mikosis yang menyerang kuku, rambut dan juga kulit. Selain kekurangan vitamin, leukonychia juga bisa terjadi akibat gangguan organ internal seperti terjadi gangguan kelenjar tiroid dan hati. Penyakit ini membuat kuku terasa gatal kemudian spot putih tersebut bisa melukai lempeng kuku. Bakteri dan jamur yang ada pada kuku dapat memakan keratin didalamnya.


Menerut referensi lain seperti dikutip dari Health.Howstuffworks, Rabu (28/9/2011) Pada kenyataannya, kondisi ini paling sering terjadi akibat trauma ringan atau sedang pada kuku. Pertumbuhan kuku cenderung sangat lambat, karenanya orang mungkin tidak menyadari cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya hingga akhirnya muncul tanda atau bintik putih di kuku.

Umumnya kondisi ini tidak memerlukan pengobatan apapun dan akan hilang jika seseorang memotong kuku saat ia sudah bertambah panjang. Tanda putih ini tidak akan kembali lagi kecuali terjadi trauma kembali.

Tanda putih ini bisa terjadi di satu atau beberapa kuku sekaligus. Kemungkinan lain dari penyebab kondisi ini adalah tanda dari adanya infeksi ringan, alergi atau efek samping dari beberapa obat tertentu. Jika hampir semua kuku menunjukkan ada titik atau garis putih, maka kemungkinan leukonychia ini berhubungan dengan kondisi lain yang lebih serius seperti anemia (kekurangan sel darah merah). Jika memang mengkhawatirkan tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.


Terimakasih, Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: