Apa sih enaknya touring?

Assalamualaikum Wr. Wb.


Lama tak jumpa kawan-kawan, hari ini saya akan sedikit bercerita tentang hobi saya dan teman-teman khususnya dari komunitas BisMania yang tentunya punya hobi yang sama.
Hobinya apa sih? Ya hobinya apa lagi kalau bukan jalan-jalan naik bus? hehe..
Mungkin agan-agan ga asing lah denger kata "touring" atau "traveling" ya kan? Ya kami juga memberi nama hobi jalan-jalan kita dengan sebutan "touring" juga hehe..

Trus apa sih tujuan kita-kita ini touring? Touring itu banyak tujuan serta alasannya sob tidak sekedar naik bis lalu turun, bukan seperti itu. Lalu apa alasanya? monggo disimak:
  1. Cobain mesin baru (TS banget nih gan)
  2. Cobain body baru
  3. Cobain service dari PO yg dinaikin 
  4. Belum pernah naik PO yg dinaikin
  5. Pengen ngunjungin kota yg belum pernah didatengin (TS banget gan :v)
  6. Pengen cobain kuliner di kota tujuan akhir bis yang dinaikin (TS banget :v)
  7. Pengen cobain larinya supir/armada yg dipake (bukan gw gan, sayang bayar mahal nyampenya cepet :v)
  8. Galau dirumah
  9. Mumpung masih muda, sempetin jalan-jalan (naah ini kita banget)
  10. Kebanyakan duit (bukan ane gan sumpah :v)
  11. Mudik/Ketemu pacar (yang kaya gini biasanya punya prinsip sekali mendayung 2,3 pulau terlampaui hehe)


Nah dalam touring itu biasanya kita ngapain aja sih? kan bete cuma duduk-duduk aja di seat penumpang selama berjam-jam.
Kalo dipikir emang bete sih gan,  makanya jangan cuma dipikir tapi juga dicoba biar tau rasanya ehehe. Setiap orang punya cara sendiri-sendiri dalam menikmati touring gan, banyak kok cara dari spesies kita untuk tetap enjoy saat di perjalanan. Antara Lain :



  1. Bobo Mania. Kalo ini biasanya yang touring karena pengen ngrasain nyamanya seat dari PO/armada yang dinaiki tersebut. Ga peduli mau gimana kenceng larinya yang penting tidurrr, tapi ini bukan TS gan nanti ada tipe TS sendiri tunggu aja
  2. Cameraman Dadakan.
    Kalo ini biasanya salah satu dari spesies kami yang tidak mau kehilangan/melupakan kenangan touring, mereka slalu shooting perjalanan dari pemberangkatan, balapan, sampe datang di tempat tujuan
  3. Nemeninsupir Mania.
    Kalo ini sih lebih dari 50% dari kami seperti itu (TS juga) apalagi kalau sudah akrab dg crew bisa-bisa males duduk di kursi yang sesuai tiket. Biasanya bawa jajanan buat crew gan
  4. Insommania.
    Kalo yang enih sih dia dia yang suka begadang demi menyaksikan opera Van Tura atau Jalur Selatan atau jalur mana dah terserah yang penting mantengin setiap goyangan armada yang dia naikin (yang ini tipe TS juga)
  5. KomporMania.
    Yang ini nih yang sempet tenar tahun lalu, tipe ini biasanya duduk didepan dan ga betah liat bokong bis ada di depan mereka. Mereka biasanya ngomporin supir biar bisa lari lebih kenceng lagi demu nyalip bis yang ada didepan. Biasanya ngasih saweran duit buat tambah solar, kadang rokok, kadang makanan, dll
  6. Silent Passanger. Nah yang ini tipe TS banget, biasanya touring sendirian (mungkin karna jomblo, tp si TS karna LDRan jadi ga ada temennya) dan cuma duduk di kursi penumpang dengan antengnya menikmati perjalanan. Tipe ini ada yang Insommania ada juga yang BoboMania.
  7. HebohMania. Cara touring ini biasanya mereka yang touring bersama teman dekat mereka dalam menikmati perjalanan mereka selalu cerita tentang armada, tentang bis yang disalip, dan masih banyak lagi.
  8. QT (Quality Touring). Nah kalo ini sih mereka yang LDRan dan ngajakin pacarnya touring dan mesra-mesraan gitu sepanjang perjalanan (Cucok banget sama TS gan )
  9. BDB Mania Ini sih ga boleh ditiru ya gan kecuali ente kenal deket sama crew, diusahain jangan ngemis BDB lah kalo ditawari mah silakeun. BDB ini pengertian dari Bebas Dari Biaya, agan bisa ngebis tanpa ngeluarin ongkos beli tiket. hehe :v
  10. SKW Mania. Ini sih boleh ditiru boleh engga yaa, sesuai uang saku masing masing dan lokasi geografis terminal/agen sesuai posisi agan. SKW ini kepanjangan dari Sarkawi atau istilahnya ngompreng diluar agen resmi. Banyak juga SKW mania demi dapet harga yg lebih miring, kalo beruntung. Kalo ga beruntung ya tetep aja harga tiket sama hehe
Dengan touring emang kita banyak menghabiskan tabungan, tapi kita bisa punya banyak pengalaman baru loh gan. Kita bisa jadi banyak pengalaman ke kota-kota yang baru kita singgahi, kita bisa coba kuliner baru dikota yang baru, dan banyak lagi tentunya tidak jauh dari tujuan touring diatas.

Yaa gitu lah cara kami menikmati hidup. Mungkin bisa dibilang hobi kami ini aneh, gila, atau tidak wajar. Tapi cuma ini yang bisa kami lakukan untuk menjauhkan diri dari balapan liar, sex bebas, miras, narkoba dan kegiatan negative lain.
Keep Support Transportasi Indonesia, salam Go Public! Ayo Naik Kelas! eh Ayo Naik BIS!!
Jangan lupa di share, boleh kopas kok tapi cantumin sumber ya gan. Loveyou :*


Wassalamualaikum Wr.Wb.
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: