Uang NKRI siap diedarkan

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia akan memiliki desain baru mata uang rupiah, yakni uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rencananya uang ini akan resmi diluncurkan ke masyarakat pada Senin (18/8/2014).

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Pieter Yakobs mengatakan uang ini akan diluncurkan seiring perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-69 pada 17 Agustus 2014.

Perbedaan Design Uang NKRI
"Iya (kami jadi meluncurkan) uang baru. Mulai beredar nanti pada 18 agustus," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).

Namun Peter enggan merinci bentuk, pecahan maupun ciri khas dari uang yang akan menjadi alat penukaran di tanah air ini. Bank Indonesia, kata dia, akan menerbitkan keterangan pers pada 14 atau 15 agustus yang akan menjelaskan detail tentang uang baru NKRI ini. "Di situ akan dijelaskan ciri khas, nilai awal," tambah dia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mengaku telah mencetak puluhan juta lembar uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, persiapan yang dilakukan BI untuk menerbitkan uang NKRI sudah hampir selesai. Saat ini, tahap yang sedang dilalui adalah pencetakan.

"Nyetaknya (uang) sudah lama, karena waktu yang dibutuhkan bukan cuma seribu atau dua ribu lembar, tapi kebutuhannya sampai puluhan juta lembar. Dicetak secara bertahap," tutur dia.

Menurutnya, BI telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerbitan uang NKRI, mulai dari desain sampai pendistribusian. Namun, saat ini Ronald belum bisa mengungkapkan secara panjang lebar mengenai rinciannya.

Alasannya, penerbitan uang anyar perlu dibarengi dengan keluarnya PBI yang menjadi landasannya. "Nanti kami akan terbitkan PBI yang mengatur lebih detailnya," ujar dia.


TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN REDENOMINASI RUPIAH
Illustrasi Redenominasi Rupiah

Peluncuran Mata Uang NKRI ini tidak ada kaitanya dengan Redenominasi Rupiah, sperti yang dilangsir oleh TribunNews;

           Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus 2014. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, mengatakan uang itu akan menggantikan uang yang selama ini beredar di masyarakat, namun tidak akan ada perubahan nominal bagi uang tersebut.

"Besarannya masih sama, tidak ada nilai baru, hanya bahannya beda, ya namanya uang baru pasti ada perubahan seperti penambahan tulisan NKRI dan tulisan lainnya," kata Tirta ketika dikonfirmasi di jakarta, Senin (11/08/2014).

Tirta menjelaskan uang NKRI bukan berarti melakukan redenominasi seperti yang diberitakan berbagai pihak. Melainkan hanya mengganti uang yang lama dengan design dan kemasan yang baru.

"Tidak ada itu karena hanya design dan kemasan saja yang beda, sisanya baik (nilai dan nominalnya) sama," katanya.

Dia juga tidak mengatakan jumlah uang yang akan diterbitkan karena masih melakukan kordinasi dengan pihak Kementrian Keuangan. Sehingga jumlah total nilainya belum bisa ditentukan.

Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: