Mengenal Deep Web, dunia ghaibnya dunia maya


Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat siang para pembaca AfatBenz Media, postingan kedua hari ini masih tentang Cyber atau Dunia Maya. Tetapi mohon maaf, saya hanya memberikan gambaran umum, pengertian dan pengenalan saja tidak menyertakan tutorial-turorial lebih lanjut. 
Oke mari kita kembali ke topik pembahasan
Sudah berapa lama anda mengenal Internet? Sudah berapa jauh anda menjelajah dunia internet?
Sejauh apapun itu, masih belum seberapa dibanding luasnya dunia maya sob..
Pernah kefikiran ngga gimana para bandar narkoba transaksi online tanpa ketauan? Gimana caranya teroris dari berbagai negara saling berkomunikasi tanpa terdeteksi mesin penyadap?
Nah itu topik pembicaraan kali ini yang tidak lain dan tidak bukan adalah Deep Wb.

Deep Web (juga dikenal dengan nama Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web) di Indonesia deep web lebih familiar  disebut sebagai Web Mendalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web (www) tetapi tidak termasuk ke dalam Internet yang dapat dicari dengan mudah. Deep Web berbeda dengan Dark Net, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagaibagian kecil dari Deep Web.

Saya mengutip kalimat dari Bapak Mike Bergman, pendiri BrightPlanet bahwa menemukan informasi yang ada di dunia maya yang disediakan oleh search engine seperti google, yahoo, bing, dll itu ibarat seseorang menjaring ikan. Yang tertangkap hanya sebagian kecil yang berapa di permukaan, sedangkan Deep Web adalah ikan yang berada di dasar laut dan palung laut yang tidak bisa ditangkap menggunakan jaring.
Atau perumpaan lainnya adalah, internet yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari adalah permukaan laut saja, sedangkan jauh didalam sana masih ada banyak web-web yang sulit di jangkau masyarakat umum, bahkan tim agen rahasia pun tidak menjamin dapat mengeskplotasi kesana. 

Salah satu cara yang paling mudah dan aman untuk mengakses deep web adalah dengan menggunakan Tor Browser Bundle…
Jumlah situs yang tergolong deep web konon jumlahnya sangat banyak. berdasarkan kajian Universitas California pada tahun 2001 jumlah konten deep web sebesar 7,500 terabytes. Kemudian pada tahun 2004 diperkirakan terdapat kurang lebih 300,000 situs yang tergolong deep web.

Lalu kira-kira apa sih yang ada di dalam Deep Web? 
Berdasarkan kajian dari berbagai ahli bahwa konten yang ada di bagian paling dalam pada internet tersebut terdiri dari hasil penelitian ataupun riset yang telah dilakukan oleh banyak lembaga akademisi, pemerintah ataupun pribadi yang terlindungi dan jumlahnya sangatlah banyak. 

Selain hasil riset, didalam sana pun banyak situs jual beli. Namun, situs jual beli disana tidak seperti yang kita jumpai seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, ataupun lainnya.
Sebagian besar yang terjual disana adalah barang black market, senjata api, narkoba, ganja, pekerja seks komersial dan tak jarang ditemui situs esek-esek didalam sana yang tentunya lebih berkelas dari yang kita kenal selama ini. Selain beberapa poin diatas, dalam Deep Web juga banyak yang menyediakan jasa. Seperti jasa merubah identitas passpor, jasa mendapatkan gelar sarjana palsu, jasa penyadap informasi bahkan hingga jasa pembunuh bayaran.


Mengapa Ada Deep Web?

Deep web memuat informasi yang tidak terindeks pada mesin pencarian standar di dunia internet seperti Google, Yahoo atau Bing. Diperkirakan jumlah konten yang terdapat di deep web memiliki persentasi sebanyak 96% dari total keseluruhan konten internet. Jumlah ini tentu sangat besar jika dibandingkan dengan konten surface web yang biasanya kita akses.

Benarkah Deep Web berbahaya?

Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?
Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.
Sebenarnya deep web bukanlah suatu wadah informasi yang patut diakses. Namun bila kita terlanjur mengakses deep web, yang perlu kita lakukan adalah berhati-hati dengan segala sesuatu yang ada di deep web.
Usahakan untuk tidak mengunduh apapun atau memasukkan informasi apapun pada deep web. Sekedar melihat konten-konten liar di deep web mungkin tidak terlalu masalah, tapi jangan sampai kita terlibat terlalu jauh dalam dunia deep web.
Jadikan pengetahuan ini sebagai pengetahuan dasar Interconnection Network saja, jika anda terlalu masuk ke dalam saya sebagai penulis disini tidak bertanggung jawab.
Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Wasslamualaikum Wr. Wb


 
  


Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: