Pengertian dan Tutorial Tweak untuk mempercepat booting windows

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam masyarakat dunia maya khususnya pembaca afatbenz.com yang dirahmati Allah. Kali ini saya akan memberi sedikit tutorial dan pengertian tweak. Apa itu tweak? Mari disimak..

Istilah Tweaking sebenarnya berasal dari kata Tweak yang berarti melakukan perubahan kecil untuk mengatur suatu sistem yang kompleks. Dalam dunia komputer, Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik.

Tujuan umumnya adalah meningkatkan performa PC agar sedikit melebihi batas standar kemampuannya. Tweak juga banyak dilakukan pada sisi perangkat lunak, misalnya agar koneksi internet dapat melaju lebih cepat dari kecepatan yang biasa diperoleh sang pengguna internet.

Tweak dapat dilakukan sedikitnya 20 cara, namun pada kesempatan malam ini saya hanya menjelaskan 1 cara tweak saja khususnya untuk mempercepat booting PC anda yang tentunya menggunakan sistem operasi dari Microsoft Windows.

Langkah pertama, tekan start button lalu ketik "msconfig"
 

Pada jendela system configuration pilih Boot.
Pilih System Operasi yang digunakan, lalu pilih button Advanced Options


Untuk mengaktifkan listbox jumlah processor, klik checkbutton Number of Processor dulu ya gan
Setelah itu, pilih jumlah processors yang akan digunakan. Disini, saya pake 2 saja. Tidak perlu muluk-muluk..


Jika sudah memilih jumlah processors, klik Ok lalu Apply dan jangan lupa OK lagi
Proses hampir selesai, jika ingin cepat melihat perubahan maka pilihlah Restart Now
Jika masih ingin melanjutkan kegiatan di PC, nanti dan ingin nanti saja restartnya, anda bisa pilih Exit Without Restart



Bagaimana? Mudah kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya kawan...
Salam dari AfatBenz, Terimakasih

Wassalamualaikum Wr.Wb.
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: