Apa sih arti dan fugsi ABS?

Selamat Malam Masyarakat..
Kita mungkin tidak asing dengan kata ABS yang mulai familiar di dunia otomotif Indonesia tentunya. Dan tidak jarang juga dari kita yang belum mengetahui tentang fugsi serta pengertian dari system pegereman satu ini. 
Oke, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari ABS

ABS adalah singkatan dari Anti-lock Brake System. System pengereman ini diterapkan pada kendaraan agar tidak terjadi penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak, dalam arti lain untuk mengurangi resiko selip.
Sistem sebenarnya diadopsi dari teknologi pengeraman Pesawat Terbang. System ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.

Lalu, kelebihan dari ABS ini?
Kelebihan daripada ABS ( anti-lock braking system ) lebih cepat melakukan pengereman daripada sistem biasa yang terdapat pada mobil dan lebih stabil apabila terjadi suatu pengereman mendadak namun tidak membuat mobil kehilangan pengendalian sebesar 5 - 30 % jika dibandingkan dengan pengereman standar yang terdapat di mobil yang umumnya menggunakan 2 buah rem cakram dan dua buah rem drum dengan tekanan gas yang di setting oleh pabrik pembuatnya.
Rem ABS ini diterapkan pada keempat ban mobil, sehingga menghasilkan pengeremen pada saat yang sama pada keempat roda kendaraan, sehingga ketika terjadi pengereman laju mobil tetap stabil dan tidak oleng.

Proses kerja ABS, yaitu saat pengemudi menginjak rem, keempat roda langsung mengunci. Namun, saat pengemudi tiba-tiba membelokkan setir ke kiri atau ke kanan, komputer secara otomatis melepas roda yang terkunci. Dengan sistem itu, maka mobil bisa dikendalikan dan dihentikan, sekaligus menghindari rintangan di depannya.
Cara kerja ABS adalah mengurangi tekanan tiba-tiba minyak/oli rem pada kaliper kanvas yang menjepit piringan rem atau teromol. Tekanan minyak rem disalurkan secara bertahap. Sehingga secara perlahan-lahan kendaraan dapat dihentikan saat pengereman mendadak.

Beriku ilustrasiya 













 Oke terimakasih semoga bermanfaat, jangan lupa klik iklan dan kirim kometar yaa
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: