Komunitas BisMania Indonesia dan PO Mania

kopdar Rosalia Indah Mania
Di tengah malam yang sejuk ini di Kota Purwokerto yang gelap ini, saya ingin berbagi cerita tentang komunitas Bis Indonesia.
Menurut sumber di website BisMania Community, cerita ini berawal dari penuturan seorang penumpang/pelanggan bis di sebuah blog www.anjarpriandoyo.wordpress.com dimana penulis menceritakan tentang complain dalam perjalanannya menggunakan bus. Thread tersebut ternyata mengundang banyak pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi mulai dari kualitas karoseri bus, pelayanan suatu perusahaan otobus bahkan sampai bedah mesin. Termasuk di dalamnya Gentur, memiliki gagasan bahwa ternyata yang memiliki kecintaan dan interest terhadap bus tidaklah sedikit, membuatnya berfikir kenapa tidak diorganisir saja rekan-rekan tersebut dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas. Sehingga bisa memaksimalkan ide, gagasan atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu ‘nebeng’ dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus semakin banyak, akhirnya diadakanlah kopi darat yang dikenal dengan nama KOPDAR untuk membahas suatu komunitas bis beserta struktur organisasi yang jelas dengan mailing list bismania@yahoogroups.com sebagai sarana bertukar Informasi.

kopdar www.bismania.org

Seperti pepatah, "Semakin tinggi pohon tumbuh, semakin keras juga angin yang menerpa", ya komunitas ini semakin hari ditengah jalan menuju kejayaan konflik yang terjadi semakin meruncing hingga akhirnya, timbulah perpecahan. Sesuatu yang harusnya tidak akan terjadi jika konflik yang ada dikelola secara baik,  akhirnya pecahlah komunitas bismania ini sebagai komunitas dalam bentuk Bismania Community (BMC) dengan mailing list bismania@yahoogroups.com dan PT Bismania Indonesia (BMI) dengan website forum www.bismania.com
kopdar www.bismania.com
Singkat cerita, BisMania Indonesia ini terpecah menjadi 3 kubu, yaitu :
  1. www.bismania.org Bismania Community (BMC) – memakai logo bismania baru dengan jumlah anggota sudah lebih dari 40.000 member
  2. www.bismania.com Bismania Forum (Forbiscom) – memakai logo Bismania yang lama dengan jumlah anggota lebih dari 25.000 member
  3. www.portalbus.info terdiri dari : JakBus (Jakarta Bus Society), Bandung Bisser Community (BBC), Malang Bus Lovers (MBL), Bali Bus Maniac (BBM), TMBC (Tasik Malaya Bisser Community), KBC (Kudus Buslovers Community) dan masih banyak lagi.
Sejatinya ketiganya sama sama baik dan memiliki hobby dan tujuan yang sama, bagi anggota atau member hendaknya menghindari konflik perdebatan atas perbedaan dalam basic komunitas demi menciptakan keharmonisan antara masyarakat Indonesia yang memiliki hobi yang sama dan menciptakan misi memajukan transportasi darat khusunya Bis.

Bukan hanya ketiga komunitas tersebut, sekarang seiring dengan munculnya individu yang menjadi pelanggan tetap sebuah Perusahaan Otobus, per individu atau manajemen sebuah Perusahaan Otobus membuat komunitas sendiri yang biasa disebut PO Mania yang bertujuan untuk sarana Informasi, Diskusi dan berbagi pengalaman serta kritik dan masukan tentang PO tersebut.
Contoh PO Mania di Indonesia antara lain : Maju Lancar Lovers, Rosalia Indah Mania, Sumber Alam Community, Pahala Kencana Sedjati, Raya Fans Club, Harapan Jaya Mania, Haryanto Mania, dan masih banyak lagi.




Oke, terimakasih Masyarakat, jangan lupa klik iklan dan comment untuk membantu saya, Semoga Bermanfaat.
Salam seduluruan bagi kita semua, BisMania Indonesia
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: