Mercedes-Benz Adblue BlueTec 6


Di era 2014 ini mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar mesin berteknologi ramah lingkungan, bukan?
Semakin hari semakin banyak perusahaan otomotif yang bersaing menciptakan teknologi canggih ramah lingkungan demi mengontrol polusi yang semakin memburuk bagi lingkungan kita, ya salah satunya adalah Teknologi Mercedes-benz Blue Tech.
Jadi, Mercedes-Benz BlueTec itu apa sih? Mercedes-benz AdBLUE itu apa sih?

oke, ADBLUE merupakan solusi di dunia untuk mengurangi polusi dari kendaraan bermotor. 
Kita ketahui akibat dari polusi udara ini menyebabkan pemanasan global dan juga buruk bagi kesehatan manusia karena gas buang dari kendaraan bermotor mengandung zat berbahaya seperti karbon monoksida, oksida sulfur, dan oksida nitrogen.
Oleh karena itu banyak produsen kendaraan bermotor saat ini di tuntut untuk memperbaiki dengan membuat mesin - mesin ramah lingkungan, misalnya dengan menambahkan katalis konverter berteknologi SCR (Selective Catalytic Reduction). Dan ada juga ramah lingkungan yang lain adalah EGR (Engine Gas Recirculation) + DPF (Diesel Particulate Filter) semua teknologi tersebut biasanya paling banyak digunakan pada kendaraan berat semisal truck dan bus.


Nah lalu bagai mana cara kerja Adblue?? 



Adblue
sebenarnya adalah larutan Urea yang semprotkan pada Gas buang di saluran pembuangan (kenalpot) kendaraan. Jadi secara mekanisme terdapat sebuah tangki untuk penyimpanan larutan urea tersebut yang disemburkan dengan pompa di saluran gas buang sehingga terjadi reaksi kimia antara Urea (adblue) bercampur dengan Gas buang yang mengandung oksida nitrogen (Nox). Jadi pada dasarnya Adblue bertujuan menurukan Gas Nox (berbahaya) sehingga lebih ramah lingkungan karena hasil dari pencampuran ini adalah uap air (H2O) dan nitrogen biasa (N2). 
Mercedes-Benz AdBlue Asli terdiri dari urea dan de-terionisasi air. Hal ini disuntikkan ke dalam gas buang mesin diesel terpilih sebagai proses pasca pembakaran. Mercedes-Benz kendaraan yang menggunakan teknologi AdBlue ® diidentifikasi dengan simbol 'BlueTEC'. ®  
Tujuan AdBlue adalah untuk mengurangi persentase NOx berbahaya (Nitrogen Oksida) yang ditemukan dalam emisi kendaraan. Dengan teknologi BlueTEC, Mercedes-Benz telah mampu sangat mengurangi emisi gas buang sementara pada saat yang sama menjaga kinerja mesin diesel dalam hal kekuasaan dan output torsi.
BlueTEC dengan sistem penyimpanan katalitik
Sistem ini menggunakan storage NOx Catalyc Converter untuk mengontrol Oksida Nitrogen. Dengan desain ini, gas NOx yang dihasilkan pada operasi normal terjebak dan untuk sementara diselenggarakan di konverter. Pada interval yang ditentukan, di bawah arahan dari komputer onboard, sistem bahan bakar memberikan intermiten fase pembakaran kaya. Hidrokarbon kelebihan entrained dari campuran padat ini bergabung kembali dengan oksida nitrogen terperangkap di dalam rumah panas dan break-up molekul NOx. Dihasilkan gas bersih nitrogen dan uap air dibersihkan, meninggalkan converter bersih dengan katalis regenerasi yang siap untuk menerima gelombang berikutnya oksida nitrogen.
BlueTEC dan BlueTEC dengan AdBlue: Apa Perbedaan itu?
Sistem Mercedes-Benz BlueTEC dimulai di ruang bakar mesin dengan bahan bakar ditingkatkan karakteristik luka bakar yang meningkatkan efisiensi, serta meminimalkan partikel bahan bakar yang tidak terbakar yang biasanya harus diperlakukan hilir. Arsitektur mesin BlueTEC dibangun pada teknologi CRD. Meskipun kedua sistem menggunakan katalis oksidasi (OxyCat) dan Diesel Particulate Filter (DPF) untuk membuang hidrokarbon tidak terbakar (HC), karbon monoksida (CO) dan partikulat (jelaga), mereka berbeda dalam bagaimana mereka memperlakukan oksida nitrogen (NOx).
 
Berikut keuntungan dan kelemahan menggunakan Mercedes-Benz BlueTech:

Keuntungan menggunakan Adblue
1. Standar emisi Euro 5 dapat dicapai
2. Perawatan mesin sama seperti mesin Euro 3
3. Dapat menggunakan bahan bakar solar mengandung Sulfur
4. Hemat bahan bakar hingg 5% (Engine V8)

Kekurangan menggunakna Adblue
1. Menambahkan Larutan
Adblue
2. Menambahkan tangki larutan
Adblue


Nih saya kasih videonya gan :)
 

Terimakasih atas waktunya, semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa follow dan comment yaa..
See You Next Time
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: