Pariwisata Gunung Kidul

Selamat malam masyarakat..
Pengen liburan ke Jogja yang antimainstream? Atau bosen liburan ke Jogja yang itu itu aja?
Di kesempatan kali ini saya akan mengenalkan sedikit tentang obyek wisata di Jogja yang tidak kalah menarik dengan obyek wisata di Bali, Hawai, dan sebagainya.
Diantaranya yaitu Pantai Indrayanti, Gunung Merapi Purba dan Goa Pindul. Oke Cekidott!

  1. Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti adalah satu diantara banyak pantai indah di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada awalnya pantai ini bernama Pantai Pulang Syawal, nama inilah yang dikenal oleh masyarakat setempat. Nama Indrayanti ini bisa dibilang kebetulan saja karena tidak ada papan nama yang menunjukan nama pantai tersebut selain papan nama cafe yang bernama "Indrayanti" yaa jadilah nama tersebut sebagai nama pengganti dari Pantai Pulang Syawal. Di pantai Indrayanti, jangan coba-coba buang sampah sembarangan jika tidak mau kena denda Rp 10.000,- Denda ini semata-mata dikenakan demi menjaga kebersihan demi kenyamanan wisatawan. Tiekt masuk ke wilayah pantai ini super murah. Hanya dengan Rp 5.000,- orang, ana sudah bisa menikmati pantai Baron, pantai Krakal, paktai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Sndak, dan pantai Drini. Sambil menikmati keindahan panorama karunia Tuhan di pantai Indrayanti ini, anda bisa menyewa jetski untuk mengarungi ombaknya. Payung-payung disediakan di sepanjang bibir pantai dengan sewa Rp 20.000,- sepuasnya. Di pantai Indrayanti, anda akan disuguhi keindahan pemandangan alam yang memadukan pantai pasir putih, bukit karang, dan jernihnya air pantai berwarna biru.

  2. Gunung Api Nglanggeran. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran yang dulu sempat aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu (itu kata si peneliti sih), naah itu sebabnya gunung ini disebut "Gunung Api Purba". Lalu, apa sih menariknya Gunung Purba ini?
    Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua. Dan memiliki 2 puncak gunung; puncak barat dan timur. Dengan ketinggian dari 200 hingga 700 Mdpl, Gunung Api Purba memiliki bentang alamn yang menakjubkan, dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Lokasi ini sangat cocok untuk panjat tebing, tracking, jelajah wisata, dan bekemah.
    Mendaki Gunung Api Purba, kita akan menemui 3 gardu pandang sederhana dari ketinggian yang rendah, sedang, sampai sangati tinggi di puncak gunungnya. Untuk mencapai puncak  Gunung Api Purba yang disebut dengan Gunung Gede ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam.
    Alat bantu seperti tali dan tangga sederhana disediakan oleh pengelola guna mempermudah kita untuk mendaki. Sepanjang perjalanan, kita bisa menikmati kemegahan susunan bongkahan batu besar yang membentuk gunung ini dan juga keindahan awan, serta hamparan hijau rumput dan perkotaan di bawahnya.  
  3. Goa Pindul. Goa Pindul merupakan goa dengan keindahan yang luar biasa. Untuk menikmati keindahan goa ini, kita harus menyusuri sungai bawah tanah yang berada di goa tersebut. Menyusuri sungai dengan menggunakan pelampung atau ban merupakan hal yang sangat menyenangkan.Tidak hanya berenang saja, selama perjalanan di sepanjang aliran sungai kita bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalakmit goa yang menakjubkan. Di goa yang memiliki panjang 350 meter ini juga merupakan tempat tinggal kelelawar yang pada siang hari sedang tidur menggantung di langit-langit goa. Di Goa Pindul ini terbagi dalam 3 bagian yaitu bagian terang yang berada di sekitar mulut goa, bagian remang karena masih ada sinar matahari yang masuk dan bagian gelap. Kedalaman sungai bawah tanah di goa ini sendiri bisa mencapai 7 meter, sehingga pengunjung diharuskan tetap di atas ban ataupun memakai pelampung. Di salah satu bagian goa terdapat tempat yang mendapat banyak sinar matahari, dan di tempat ini pengunjung bisa menikmati kejernihan air dengan berenang dan loncat dari ketinggian dinding goa.
    Goa Pindul sendiri terletak di Desa Beji, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 1,5 - 2 jam dari kota Yogya. Pengelolaan objek wisata ini dilakukan oleh swadaya alias oleh penduduk sekitar.


    Untuk mengunjungi objek wisata ini, sobat tidak perlu repot-repot membawa peralatan seperti ban atau pelampung, karena pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya. Dengan membayar tarif Rp 30 ribu per orang, pengunjung sudah bisa menyusuri kedalaman Goa Pindul lengkap dengan pelampung/ban, pemandu, transportasi, dan juga asuransi. Bagaimana? Tertarik berpetualang ke Goa Pindul.

    Tertarik??
    Untuk wilayah Brebes, Tegal, Cirebon silakan hubungi 085642710191
    Untuk wilayah Jogja silakan hubungi Kurnia Tour 087738794555
    Kami menyiapkan juga armada bus medium/bigbus, hotel, dan home stay murah meriah.

    kami siap mengantar liburan anda :)
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: