Tips Mudik aman dan aman menggunakan Bus Umum

Assalamualaikum Wr.Wb

Mudik adalah tradisi taunan yang masih dan selalu dibudayakan oleh masyarakat Indonesia setiap menjelang Idul Fitri di setiap tahun. Tidak terasa ya musim mudik sudah mulai tiba, bagi anda yang belum mudik dan bingung apa yang harus disiapkan untuk "Pulang Kampung" menggunakan kendaraan pribadi, silakan disimak saya akan memberi sedikit tips mudik untuk anda semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan.

Oke langsung saja :
  1. Naiklah di terminal-terminal resmi yang telah disediakan oleh Dinas Perhubungan. Jangan pernah naik dari terminal bayangan untung menghindari tarif ilegal yang ditetapkan oleh oknum oknum tidak bertanggung jawab.
  2. Belilah tiket resmi dan sesuai dengan jenis kendaraan yang akan dinaiki dan usahakan membeli tiket di agen resmi/perwakilan perusahaan bus akan Anda naiki. Pilih jasa angkutan yang kredibilitasnya sudah diketahui.
     
  3. Minta tiket ASLI yang dikeluarkan langsung oleh Perusahaan Otobus dan bukan lembar dari agen bus sebagai tanda bukti perjalanan. Hal ini penting diperhatikan oleh pemudik karena tiket resmi bisa dijadikan bentuk komitmen perusahaan angkutan umum tersebut atau untuk jaga-jaga sebagai bukti jika ada kejadian yang tidak diinginkan.
  4. Perhatikan barang bawaan Anda dan kemas sedemikian rupa agar mudah diawasi dan dibawa bila perlu mintalah crew bus untuk menyiapkan nomer identitas untuk barang yang disimpan di bagasi.
  5. Hindari mengenakan perhiasan yang mencolok dan juga bawa uang secukupnya. Dandanan yang berlebihan bisa memancing orang untuk berbuat jahat dan tidak tertutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada pemudik. Ingat, anda itu mudik bukan arisan.
  6. Tolak tawaran makanan atau minuman dari orang yang baru Anda kenal. Saya tidak mengajarkan untuk Su'udzon tetapi mengajak anda untuk lebih berhati-hati. Ingat, pelaku kejahatan juga menggunakan obat bius dalam melancarkan aksinya.
  7. Selain pembiusan, kejahatan melalui sarana hipnotis juga sudah menjadi tren di masa mudik. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda jangan menyahut bila disapa atau ditepuk oleh orang yang tidak Anda kenal. Satu lagi, jaga pikiran anda jangan sampai lengah dan kosong lebih baik bershalawatlah sepanjang jalan untuk menambah pahala di bulan ramadhan.
  8. Bagi pemudik wanita yang mudik sendirian, jaga penampilan dengan dandanan sewajarnya. Tindakan ini perlu dilakukan untuk menghindari kejahatan seksual atau pelecehan. Jika anda didampingi oleh suami, pacar, ayah, adik, kakak atau teman jaga jarak anda untuk tetap dekat dengan teman perjalanan anda.
  9. Tegur pengemudi atau awak kendaraan bila mereka mengemudikan kendaraannya dengan ugal-ugalan dan membahayakan keselamatan penumpang. Jika pengemudi tetap melakukan kesalahan tersebut, segeralah laporkan melalui nomer pengaduan yang tertera pada tiket.
  10. Segera laporkan apabila terjadi pelanggaran ataupun hal-hal yang mencurigakan pada petugas di terminal, stasiun atau posko-posko mudik di jalan.
  11. Jangan emosi jika terjadi keterlambatan armada, karena seperti yang kita ketahui armada setiap perusahaan sangat terbatas apalagi pantura saat ini sedang lumpuh dan kendaraan menumpuk di jalur selatan yang menyebabkan kemacetan hingga 5 jam lebih.
    Terimakasih semoga Bermanfaat dan selamat sampai tujuan
Wassalamualaikum Wr. Wb. 
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: