Keutamaan Surat Al Waqiah

Assalamu'alaikum wr.wb. Pembaca yang di Rahmati Allah SWT.
Malam ini perkenankan saya menyinggung sedikit tentang keistimewaan Surat Al Waqiah (QS.56). Surat Al Waaqi'ah terdiri atas 96 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Thaa Haa. Dinamai dengan Al Waaqi'ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al Waaqi'ah yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang menerangkan tentang keadaan hari kiamat, balasan yang akan diterima oleh orang-orang mukmin dan kafir, tentang kekuasaan Allah dengan diciptakannya manusia, tumbuhan, api dan adanya hari berbangkit.

Pokok-pokok Kandungan isinya :
Surat Al Waqiah ini berisi tentang keimanan, yaitu huru-hara di waktu terjadinya hari kiamat; manusia di waktu hisab terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan yang bersegera menjalankan kebaikan, golongan kanan dan golongan yang celaka; bantahan Allah terhadap keingkaran orang-orang yang mengingkari adanya Tuhan, hari berbangkit, dan adanya hisab; Al Quran berasal dari Lauhul Mahfuuzh. Adapun kandungan yang lainya yaitu gambaran tentang syurga dan neraka.
Fadhilah membaca Surat Al-Waqi'ah

Apabila surat Al-Waqi'ah dibaca setiap malam sebagai wirid, InsyaAllah tidak akan tertimpa kesusahan/kepapaan yang diterangkan dalam sabda Rasulullah SAW:
مَنْ قَرَأَسُوْرَةَاْلوَقِعَةِكُلَّ لَيْلَةٍلَمْ تُصِبهُ فَاقَةٌوَسُوْرَةُاْلوَقِعَةِسُوْرَةُاْلغِنٰاءفَاقْرَؤُوْهَاوَعَلِّمُوْهَاأَوْلاَدَكُمْ

Artinya:
"Barangsiapa membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. dan surat Waqi'ah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu."

Imam Ja'far ra. Berkata, "Barangsiapa membaca surat Al-Waqi'ah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari nafkah. maka Allah Ta'ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. dan barang siapa membaca surat Al-Waqi'ah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali pada orang itu." (Khazinatul Asrar Kubra: 360)

Dalam khawashul Qur'an fadhilah surat Al-Waqi'ah dibaca 41 kali atau sesudah shalat Ashar dibaca sebanyak 14 kali, Insya Allah didatangkan hajatnya terutama urusan rezeki. Dengan membaca surat Al-Waqi'ah selama 40 hari berturut-turut dan setiap harinya dibaca 40 kali akan mendatangkan rezeki yang tak terkira datangnya.

Fadhilah lain dengan membaca surat Al-Waqi'ah sebagai wirid secara rutin setiap hari dan malam, Insya Allah akan dijauhkan dari kefakiran selamanya. Sa'd Al-Mufti berkata bahwa hadits ini shahih:

مَنْ
قَرَأَسُوْرَةَاْلوَقِعَةِلَمْ يَفْتَقِرْ اَبَدًا
Artinya:
"Barangsiapa (membiasakan) membaca surat Al-Waqi'ah, maka ia tidak akan kefakiran selamanya."

Adapun Manfaat Al Waqiah lainya antara lain :
  1. Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah 14 kali setiap habis sholat Ashar, Maka selekas mungkin dikabulkan Do’anya oleh Allah SWT.
  2. Barang siapa membaca 3 kali sesudah sholat Isya dan Subuh, maka ia akan diberi kekayaan oleh Allah dengan pekerjaan yang ringan.
  3. Barang siapa membaca surat Al-Waqiah 41 kali dalam sekali majelis (tetap tidak pindah sebelum mencapai hitungan 41) maka selekas mungkin Hajatnya dikabulkan Allah SWT terutama dalam hal permintaan Rezeki.
  4. Barang siapa membaca surat Al-Waqiah 41 kali selama 40 hari berturut-turut tanpa putus satu hari pun, Maka ia akan diberi rizqi yang lapang oleh Allah SWT tanpa susah payah.
  5. Nabi Muhammad SAW Bersabda : “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, Maka ia akan diselamatkan dari kemiskinan, dan surat Al-Waqiah itu bila dibaca bisa menyebabkan Kaya, oleh sebab itu biasakanlah membacanya dan ajarkan anak-anakMu.”
  6. Sesungguhnya sahabat Utsman bin Affan ingin menghadiahkan sejumlah uang kepada Abdulloh bin Mas’ud tetapi ia menolak pemberian Utsman bin Affan tadi, kemudian Utsman bin Affan berkata : “Belanjakanlah uang ini untuk anak-anakmu.” Ia menjawab:”Apakah engkau takut mereka akan kekurangan.?” Sesungguhnya mereka telah aku perintah agar membaca surat Al-Waqiah, karena aku mendengar Sabda Nabi SAW:”Barang siapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam maka ia tidak mengalami kekurangan selamanya.”
  7. Barang siapa membaca nya setiap habis shalat fardhu, maka ia akan dimudahkan oleh Allah segala urusannya, Terutama dalam hal Rizqi.
  8. Bila surat Al-Waqiah ini dibaca didekat orang yang sedang sakit keras, maka orang yang sakit tersebut insya Allah lekas diberi kesembuhan oleh Allah.

Subhanallah Maha Suci Allah dengan Segala FirmanNya. dan tidak akan ingkar dengan janji-janji-Nya. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi untuk menghafal dan mengamalkannya :)
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: