Tips Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat siang masyarakat, oke hari ini saya akan memberi sedikit tips untuk mudik lebaran tahun 2014 ini semoga bermanfaat

 
Tips Mudik menggunakan kendaraan pribadi :
  1. Cek Kondisi Kendaraan
    Hal yang sangat penting sebelum Anda melakukan perjalanan, terlebih lagi bila jarak yang akan ditempuh cukup jauh. Bagian kendaraan yang penting untuk diperiksa antara lain rem sebagai bagian vital dalam kendaraan harus diperiksa agar dapat berfungsi dengan baik. Kemudian periksalah ban seperti tekanan ban dan kondisi ban yang masih memiliki kembang agar tidak tergelincir. Pastikan kondisi lampu kendaraan Anda berfungsi dengan baik, karena lampu sangat penting pada malam hari atau bila harus melewati daerah gelap, juga membantu agar kendaraan terlihat oleh kendaraan lain.

  2. Bawa obat-obatan, makanan dan minuman
    Perjalanan jauh akan memakan waktu yang cukup lama pula. Maka, sediakan makanan dan minuman secukupnya agar tidak merasa kelaparan dan untuk menjaga kondisi tetap prima dalam berkendara, terlebih lagi bila Anda melewati jalan yang sulit ditemukan penjual makanan atau tidak tahu apakah makanan tersebut baik atau tidak. Tidak lupa, bawa cukup air putih untuk cadangan apabila sulit menemukannya selama perjalanan. Jauhi mengkonsumsi makanan yang berlebihan/mengantukkan sebelum berkendara

  3. Persiapan fisik dan emosi
    Fisik yang fit dan sehat sangat penting agar dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Terutama untuk pengemudi, kondisi fisik dapat mempengaruhi keselamatan seluruh penumpang kendaraan. Pastikan agar Anda beristirahat secara cukup pada malam sebelum perjalanan. Rasa kantuk dan lelah akan membuat pengemudi lambat untuk bereaksi.Untuk pengemudi, bila Anda mengantuk, sebaiknya segera istirahat dan jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Jangan berpikir, hal ini dapat diatasi dengan segelas kopi, karena minum kopi, minuman berenergi atau suplemen tidak dapat sepenuhnya menghilangkan kantuk dan rasa lelah Anda kecuali jika anda terbiasa seperti Supir Truck Ekspedisi ataupun Bus Malam. Jangan lupa istirahatkan kendaraan dan fisik anda dalam waktu maksimal berkendara 3 jam.

    Selain kondisi fisik yang baik, tidak kalah penting untuk memeriksa keadaan emosi pengendara. Hendaknya pengemudi tidak dalam keadaan marah, terburu-buru atau sedang memiliki suasana hati yang kurang baik. Emosi yang tidak baik dapat membuat pengemudi tidak dapat mengemudi dengan baik.
  4. Taati peraturan lalu lintas dan rambu jalan
    Walaupun mungkin Anda ingin segera bertemu sanak saudara di kampung halaman, hindari untuk melanggar rambu-rambu di jalan dan peraturan lalu lintas yang ada. Terlebih lagi, saat libur hari raya yang padat dengan kendaraan. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan melanggar rambu jalan dapat menyebabkan kecelakaan yang merenggut nyawa.

    Gunakan sabuk pengaman selama perjalanan ataupun helm berstandar SNI. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar dapat menghindari kecelakaan beruntun. Hindari menerima telepon atau melakukan kegiatan lain selama mengemudi. Bersikaplah hati-hati selama perjalanan.
Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan, salam untuk keluarga dirumah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share on Google Plus

About Unknown

Memiliki nama lengkap Muhammad Nurdin Mafatichul Fuadi. Menekuni dunia design grafis, web developer, dan penerbangan. Hobi fotografi dan travelling. Mengagumi seorang wanita istimewa selama 6 tahun tapi tidak berani mengungkapkan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: